Desain Rumah Minimalis Modern di Perkotaan

Desain rumah minimalis merupakan salah satu jenis desain yang paling banyak diminati saat ini. Konsep rumah minimalis terutama muncul karena kebutuhan kaum urban dengan segala kepraktisan hidupnya, sekaligus kejenuhan mereka terhadap gaya arsitektur sebelumnya yang dianggap mulai monoton. Lebih dari itu, konsep minimalis ternyata mampu menjadi solusi bagi mereka yang memiliki keterbatasan lahan dan dana tanpa harus mengorbankan keindahan dengan keeleganan desain rumah mereka.
Desain Rumah Minimalis

Minimalisme merupakan cara berpikir dan bekerja. Dengan kata lain, minimalis dapat dikatakan sebagai cara hidup. Minimalis menjadi cara pandang baru dalam mendesain rumah berdasarkan cara hidup masyarakat kota. Desain rumah minimalis hadir sebagai budaya dan kebutuhan hidup. Masyarakat kota identik dengan hal-hal yang serba dinamis, praktis, dan sederhana. Mereka menginginkan hunian yang nyaman namun tidak mengganggu kesibukan mereka. Mereka cenderung menggunakan perabotan berdasarkan kebutuhannya saja. Faktor-faktor inilah yang menyebabkan trend rumah minimalis berkembang.
Desain Rumah Minimalis 2Desain Rumah Minimalis 3

Desain rumah minimalis pada dasarnya merupakan perkembangan lebih lanjut dari gaya rumah modern. Kosep rumah minimalis modern berakar pada prinsip desain yang sederhana, namun desain tersebut harus memaksimalkan fungsi ruang. Rumah minimalis modern kerap dihubungkan dengan bentuk geometris. Desain ruangnya kokoh dengan banyaknya ruang kosong dengan ornamen dan perabotan yang minim. Perabotan yang digunakan adalah perabotan multifungsi dalam memenuhi segala kebutuhan. Dengan konsep seperti ini, rumah minimalis tampil cantik dengan konsep minim garis, keheningan, dan mengutamakan kerapian. 

 Denah Rumah Minimalis
 Denah Rumah Minimalis 2
 Desain Rumah Minimalis 4

Rumah minimalis memang identik dengan garis lurus, bidang datar, detail kasar serta apa adanya, serta pertemuan bidang yang serba siku dan tegak lurus. Ini membuatnya terkesan kaku.  Walaupun demikian, Desain rumah minimalis modern tidak selalu berarti bentuk yang kaku. Bentuk-bentuk geometris lain seperti lingkaran maupun bentuk abstrak pun kerap mendominasi desain rumah. selain bermain dengan bentuk geometris, garis lurus, dan pertemuan bidang yang tegak lurus, konsep minimalis pun bermain dengan pencahayaan dan permainan warna. Pencahayaan biasanya dibuat maksimal dan warna yang dipilih biasanya lebih cerah. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kesumpekan pada rumah.
 Denah Rumah Minimalis 3 Denah Rumah Minimalis 4 Denah Rumah Minimalis 5

Konsep minimalis pun dapat dipadukan dengan desain-desain rumah lainnya, seperti dengan gaya mediterania. Pada dasarnya, rumah minimalis bukanlah konsep yang kaku. Konsep minimalis hanya menekankan pada kesederhanaan. Kesederhanaan merupakan prinsip dasar sekaligus menjadi hiasan. Artinya kesederhanaannya lah yang membuat rumah minimalis tampil elegan dan menawan. Rumah-rumah semacam ini yang berada di kota, karena memang kebutuhannya seperti itu. Minimalis berarti sederhana serta efisien. Ia menekankan pada fungsi dan kepraktisan. Desain rumah minimalis menekankan penataan interior dan eksterior yang efisien, artinya sesuai dengan keperluan. Semakin sempitnya ruang dan perubahan gaya hidup membuat rumah minimalis tetap digemari. Konsep rumah ini bahkan diperkirakan akan tetap menjadi trend sampai beberapa tahun ke depan.

@Lazada:

Semoga artikel Desain Rumah Minimalis Modern di Perkotaan bermanfaat bagi Anda. Jika anda suka dengan artikel Desain Rumah Minimalis Modern di Perkotaan ini, like dan bagikan artikel Desain Rumah Minimalis Modern di Perkotaan ketemanmu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Posting Komentar

Properti Minimalis